INFO DUNIA SEPAKBOLA DAN FUTSAL INTERNASIONAL DAN NASIONAL

click here for see more

loading...
loading...
Powered by Blogger.

Search This Blog

Translate

FOOTBALL JURNAL : MENGENAL SEJARAH DAN FORMAT LIGA AMERIKA SERIKAT MAJOR LEAGUE SOCCER


MENGENAL LEBIH DALAM LIGA SEPAKBOLA DI AMERIKA SERIKAT



Sepakbola memang belum menjadi olahraga paling populer di Amerika Serikat. Namun, liga sepak bola Amerika, Major League Soccer (MLS), sudah menunjukkan peningkatan pesat jika dibandingkan dengan 20 tahun silam saat pertama kali digulirkan.

Musim lalu MLS berhasil mendapatkan pemasukan 750 juta dolar dari tayangan televisi. Jumlah rata-rata penonton per pertandingan pun meningkat hingga mencapai 19.000 orang. Musim ini, salah satu kesebelasan yang baru menjalani musim pertamanya, New York City FC, sudah berhasil menjual 14.000 tiket terusan untuk satu musim.

Saat pertama kali digelar pada 1996, MLS mengalami banyak hambatan. Tidak mudah bagi mereka untuk menarik minat masyarakat untuk hadir ke stadion. Tingkat popularitas MLS kalah jauh dari liga olahraga lain seperti NBA (bola basket), NBL (baseball), NFL (American Football), dan NHL (hoki es).

Tidak mudah bagi sepakbola untuk masuk ke hati masyarakat Amerika. Mereka sudah berkali-kali mencoba untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap sepakbola. Amerika sudah memulainya sejak 1968 ketika mereka menyelenggarakan North American Soccer League (NASL). Beberapa pemain dunia seperti Franz Beckenbauer dan Pele sengaja didatangkan untuk semakin memeriahkan kompetisi ini. Tidak hanya itu, mereka pun menyesuaikan beberapa peraturan agar sesuai dengan selera masyarakat Amerika; salah satunya dengan menghapuskan hasil imbang pada tiap pertandingan.

SEJARAH BERDIRINYA LIGA
perkenalan tim musim 1996

 Liga Sepak Bola Utama Amerika Serikat (Major League Soccer atau biasa disingkat MLS) adalah liga sepakbola profesional tingkat tertinggi di Amerika dan juga kanada. Liga ini didukung oleh Federasi sepakbola amerika serikat  (US Soccer). Liga ini terdiri dari 20 klub yang terdiri dari 17 klub berasal dari Amerika Serikat dan 3 klub berasal dari Kanada. MLS telah secara resmi mengumumkan penambahan 4 klub baru secara bertahap mulai tahun 2017 hingga paling lambat tahun 2020.
Major League Soccer didirikan pada tahun 1993 sebagai bagian dari tawaran Amerika Serikat untuk menjadi tuan rumah kejuaraan piala dunia FIFA tahun 1994. Liga ini dioperasikan bukan sebagai asosiasi yang berdiri sendiri, MLS adalah satu kesatuan di mana setiap klub dimiliki dan dikendalikan oleh investor liga. MLS adalah sebuah liga tertutup sehingga menjadikannya sebagai salah satu dari beberapa liga di dunia sepak bola yang tidak menggunakan promosi dan degradasi.
Musim pertama dilaksanakan pada tahun 1996 dimulai dengan sepuluh tim. Setiap musim berjalan dari Bulan  awal maret sampai dengan desember.dengan setiap tim bermain 34 pertandingan di musim reguler. Format kompetisi liga ini hampir mirip dengan sistem olahraga di Amerika pada umumnya, yaitu menggunakan sistem dua wilayah, yaitu wilayah timur (Eastern Conference) dan wilayah barat (Western Conference). Dari semua tim yang berlaga di MLS, DC UNITED FC menjadi tim yang paling dominan di MLS. LA GALAXY  adalah tim tersukses dengan 4 gelar Perisai Supornter dan 5 gelar Piala MLS.
 Pada tahun 1996 sepuluh klub mendirikan Major League Soccer yaitu; Columbus Crew, D.C. United, New England Revolution,NY/NJ Metrostars,Tampa bays Muntiny,Coloraddo Rapids ,Dallas Burn, Kansas City Wiz, Los Angeles Galaxy and San Jose Clash. Di tahun-tahun awal liga membentuk sebuah dinasti Bruce Arena yang memimpin D.C. United, menjuarai piala MLS pada tiga musim pertama liga. Pada tahun 1998 Chicago Fire dan Miami Fusion bergabung dengan liga, dan meruntuhkan dominasi D.C. United


Suasana pertandingan liga amerika

Format kompetisi
Musim reguler Major League Soccer berjalan dari bulan Maret sampai Oktober dengan 20 tim yang bermain 34 pertandingan dalam jadwal tidak seimbang. Tim dibagi ke dalam wilayah BARAT dan juga TIMUR. Tiap tim bertanding 2 atau 3 kali melawan tiap tim dari wilayah yang sama, serta bertanding 1 kali melawan tiap tim dari wilayah yang berbeda. Pada pertengahan musim klub beristirahat dan diadakan pertandingan persahabatan antara pemain liga terbaik dan klub besar dari liga yang berbeda yang disebut dengan All-star Game. Pada akhir musim reguler, tim dengan total poin tertinggi diberikan Perisai Suporter.
Kompetisi play-off digelar segera setelah musim reguler berlangsung. Play-off menggunakan sistem gugur yang diikuti oleh 12 klub, yaitu 6 klub terbaik masing-masing wilayah. Kompetisi play-off berakhir pada awal Desember dengan pertandingan final yang dinamakan Piala MLS.
MLS memiliki tiga tempat tiket otomatis di LIGA CHAMPIONS CONCACAF untuk klub Amerika dengan tempat tambahan yang tersedia melalui Piala AS Terbuka. Klub MLS yang berasal dari Kanada tidak dapat berkompetisi di Liga Champions CONCACAF melalui jalur MLS. Mereka mempunyai jalur sendiri, yaitu satu tiket melalui Kejuaraan Kanada.
Demikianlah pembahasan mengenai sejarah dan tata kelola Liga sepakbola di Amerika serikat.walau terkadang kompetisi disana memiliki aturan Fairplay yang sedikit berbeda dengan sepakbola pada umunya.
 
    
Labels: AMERIKA UTARA, internasional

Thanks for reading FOOTBALL JURNAL : MENGENAL SEJARAH DAN FORMAT LIGA AMERIKA SERIKAT MAJOR LEAGUE SOCCER. Please share...!

0 Comment for "FOOTBALL JURNAL : MENGENAL SEJARAH DAN FORMAT LIGA AMERIKA SERIKAT MAJOR LEAGUE SOCCER"

Direkrut Klub Jerman,Egy Maulana bakal lebih dulu kembangkan karir di Klub Thailand

Tawaran dari klub Eropa buat Egy Maulana Vikri terus mengalir. Kali ini salah satu klub Jerman dikabarkan sudah mengajukan tawaran bua...

Back To Top